EFEKTIVITAS MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QURAN DALAM MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA

Idham, Azmul Fuady (2016) EFEKTIVITAS MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QURAN DALAM MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Azmul Fuady Idham.docx

Download (12kB)

EFEKTIVITAS MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QURAN DALAM MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA Azmul Fuady Idham (azmulpsy@gmail.com) Ahmad (ahmadrazak71@yahoo.co.id) Haerani Nur (haerani82@yahoo.co.id) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222 Abstrak Kecemasan akademik merupakan hal yang sering dialami oleh setiap individu. Salah satu metode yang digunakan dalam menurunkan kecemasan akademik adalah dengan mendengarkan murottal Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas mendengarkan murottal Al-Quran dalam menurunkan kecemasan pada mahasiswa. Responden penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan desain eksperimen the one group pretest–posttest. Subjek penelitian ini berjumlah 21 mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan skala kecemasan akademik dari Isthifha (2011). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan murottal Al-Quran efektif dalam menurunkan kecemasan akademik pada mahasiswa. Penelitian ini memberikan alternatif baru terhadap mahasiswa yang sering mengalami kecemasan akademik dengan mendengarkan murottal Al-Quran. Kata kunci: Murottal Al-Quran; Kecemasan akademik; Mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:22
Last Modified: 04 Apr 2017 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item View Item