Model Pembelajaran Elektronika Analog Berbasis Proyek Pada Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Sidik, Darlan (2017) Model Pembelajaran Elektronika Analog Berbasis Proyek Pada Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", 26 Agustus 2017, Makassar, Indonesia.. pp. 698-704. ISSN 978-602-6883-93-3

[img] Text (Artikel Prosiding Nasional)
Prosiding Nasional - Model Pembelajaran Elektronika Analog Berbasis Proyek Pada Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (Peer Revie Prosiding Nasional)
Peer Review Prosiding Nasional - Model Pembelajaran Elektronika Analog Berbasis Proyek Pada Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.pdf - Supplemental Material

Download (788kB)
Official URL: http://eprints.unm.ac.id/23271/

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan Model Pembelajaran Elektronika Analog ( MPEA) berbasis proyek dan komponen pendukungnya agar kualitas pembelajaran lebih baik. Model MPEA berbasis proyek mengidentifikasi komponen model seperti: (1) analisis tingkah laku masukan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis kebutuhan, (4) analisis karakteristik mahasiswa, (5) analisis komponen model, serta (6) analisis pijakan teori yang digunakan. Pengembangan MPEA berbasis proyek menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan menggunakan ujicoba ahli dan ujicoba kelompok kecil. Pengembangan MPEA berbasis proyek yang dihasilkan adalah model prosedural. Hasil pengembangan MPEA berbasis proyek yang diperoleh pada aspek: (1) kelayakan rancangan model yang ditemukan secara keseluruhan sebesar 92% adalah sangat layak,(2) kelayakan pelaksanaan program pembelajaran secara keseluruhan sebesar 84,72% adalah baik,(3) kelayakan komponen prapengembangan model secara keseluruhan sebesar 87,20 adalah baik. Hasil setiap sub komponen adalah: (1) kelayakan analisis tingkah laku masukan sebesar 94.05% adalah sangat ayak,(2) analisis pembelajaran sebesar 82.25% adalah tepat, (3) analisis kebutuhan pembelajaran sebesar 85,50% adalah cocok, (4) analisis kebutuhan model sebesar 91.10% adalah sangat sesuai/cocok, (5) analisis pijakan teori sebesar 88,20% adalah baik. Dengan demikian, sub komponen MPEA berbasis proyek yang dihasilkan dapat digunakan untuk mencapai kompetensi pembelajaran berupa barang jadi atau produk sistem rangkaian elektronika analog.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 01 Jun 2022 00:16
Last Modified: 01 Jun 2022 00:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23271

Actions (login required)

View Item View Item