KUALITAS RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KERJA INTEGRASI TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT, KNOWLEDGE) MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG

Sidik, Darlan (2021) KUALITAS RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KERJA INTEGRASI TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT, KNOWLEDGE) MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 8 (1). ISSN 2721-7612

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional)
Jurnal Nasional - Kualitas Rancangan Pembelajaran Berbasis Kerangka Kerja Integrasi TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) Mata Kuliah Elektronika Analog.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional)
Peer Review Jurnal Nasional - Kualitas Rancangan Pembelajaran Berbasis Kerangka Kerja Integrasi TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) Mata Kuliah Elektronika Analog.pdf - Supplemental Material

Download (842kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/32104

Abstract

Masalah utama artikel adalah rendahnya kualitas rancangan pembelajaran yang berpijak pada kerangka kerja integrasi TPACK buatan Dosen Prodi Teknik Elektronika dan Teknik Elektro FT UNM (PTA, PTE FT-UNM) yang digunakan dalam pembelajaran elektronika analog. Tujuan adalah untuk mengetahui rancangan pembelajaran yang berpijak kerangka kerja integrasi TPACK buatan dosen yang digunakan dalam pembelajaran elektronika analog. Metode adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh rancangan pembelajaran kerangka kerja integrasi TPACK mata kuliah elektronika analog. Populasi adalah seluruh rancangan pembelajaran mata kuliah elektronika yang terdokumentasikan pada prodi Pendidikan Teknik Elektronika (PTA) dan Prodi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) pada tahun kuliah 2019/2020. Sampel yang diteliti adalah semua rancangan pembelajaran buatan dosen PTA dan PTE, sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu rancangan pembelajaran menggunakan kerangka kerja integrasi TPACK dan variabel terikat adalah mata kuliah elektronika analog . Data diperoleh dengan menggunakan lembar instrument kualitas rancangan pembelajaran dengan mencocokkan kerangka kerja menggunakan instrumen indikator. Tahapan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase dan kriteria kuantitatif (Sangat baik, baik, kurang, dan sangat kurang). Hasil menunjukkan bahwa kualitas rancangan pembelajaran kerangka kerja integrasi TPACK adalah: (1) Content knowledge (CK) sebesar 74.25% dengan kategori baik, (2) pedagogical knowledge (PK) sebesar 52.31% dengan kategori cukup, (3) technological knowledge (TK) sebesar 40,93% kategori kurang, (4) Technological content knowledge (TCK) sebesar 64.29% kategori baik, (5) pedagogical conten knowledge (PCK) sebesar 51,3%, kategori kurang, dan (6) technological pedagogical knowledge (TPK) sebesar 62,3% kategori baik, dan TPACK sebesar 51,3% kategori cukup. Simpulan hasil ini menunjukkan bahwa kerangka kerja Technological knowledge (TK) memerlukan kajian khusus karena masih berada pada kategori kurang, sedangkan kerangka kerja lainnya berada pada kategori dari cukup hingga baik sehingga rancangan pembelajaran yang dibuat oleh dosen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada prodi PTA,PTE FT UNM.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 01 Jun 2022 00:01
Last Modified: 01 Jun 2022 00:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item