SUMARTINA (2022) STUDI KASUS KEDISPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 WASUPONDA KABUPATEN LUWU TIMUR.
Text
Abstrak dll.doc Download (114kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (55kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP TINA.docx Download (24kB) |
Abstract
Sumartina. 2016. Skripsi. Studi Kasus Kedisplinan Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Dibimbing oleh Dra.M.Bachtiar,M.Si dan Dra.Sitti Habibah,M.Si Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah kedisplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Wasuponda Kabupaten Luwu Timur?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, 2 orang guru, 2 orang siswa dan 1 orang tua siswa. Alat pengumpulan data dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi data deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar di SMP Negeri 1 Wasuponda Kabupaten Luwu Timur dapat mencapai tujuan sekolah. Pada peraturan kedisiplinan belajar, pihak sekolah membuat peraturan melalui diskusi yang diselenggarakan oleh sekolah, guru, dan siswa baik secara umum tapi dilakukan secara bertahap maupun perwakilan dan kelompok-kelompok siswa, menyusun langsung peraturan, kemudian dibicarakan dalam rapat komite dan disusun oleh pihak sekolah sendiri kemudian dapat dilanjutkan dengan langkah meminta saran-saran tertulis orang tua dan siswa. Pada indikator hukuman, hukuman yang diberikan sesuai dengan bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa.. Pada indikator penghargaan, penghargaan diberikan kepada siswa berdasarkan prestasi yang diperoleh siswa. Pada indikator konsisten terhadap peraturan, pihak sekolah selalu konsisten dalam menerapkan peraturan sekolah karena cerminan dari tegaknya aturan sekolah berada pada pimpinan sekolah khususnya kepala sekolah. Kepala sekolah berusaha menjadi teladan bagi warga sekolah karena dengan menunjukkan keteladanan dalam menerapkan aturan sekolah, siswa dan guru juga akan mengikutinya..
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 May 2022 01:51 |
Last Modified: | 24 May 2022 01:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23222 |
Actions (login required)
View Item |