PEMBERIAN KALINDAQDAQ DAN PAPPASANG UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA

Syam, Ahmad Bisyri (2016) PEMBERIAN KALINDAQDAQ DAN PAPPASANG UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI BISYRI.docx

Download (52kB)
[img] Text
TRANSLATE RINGKASAN SKRIPSI BISYRI.docx

Download (54kB)

PEMBERIAN KALINDAQDAQ DAN PAPPASANG UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA Ahmad Bisyri Syam (ahmadbisyrisyam@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Ahmad Ridfah (ridfah@yahoo.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 Abstrak Kalindaqdaq dan Pappasang merupakan salah satu bentuk karya sastra Mandar yang berisi nasihat, ide, gagasan, moral dan agama sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat. Kalindaqdaq dan Pappasang merupakan pendekatan budaya berisi pemahaman psikologis. Pemahaman psikologis kemudian dikaitkan dengan regulasi diri pada siswa di SMPN 3 Majene dan SMPN 4 Pamboang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan regulasi diri siswa ditinjau dari gainscore, untuk mengetahui pemberian perlakuan kalindaqdaq dan pappasang serta untuk mengetahui perbedaan regulasi diri tanpa pemberian perlakuan kalindaqdaq dan pappasang. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelompok kontrol dan 20 siswa kelompok eksperimen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji mann whitney u test dan uji wilcoxon. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan regulasi diri ditinjau dari gain score pada subjek di SMPN 3 Majene dan SMPN 4 Pamboang (p-value 0,685 >0,05). Hasil penelitian pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh perlakuan kalindaqdaq dan pappasang terhadap peningkatan regulasi diri pada subjek di SMPN 4 Pamboang (p-value 0,74 >0,05). Hasil penelititian pada hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan apabila tidak diberikan perlakuan kalindaqdaq dan pappasang terhadap peningkatan regulasi diri pada subjek di SMPN 3 Majene (p- value 0,286 >0,05). Penelitian ini menjadi salah satu sarana bagi peneliti selanjutnya yang tertarik mengkaji mengenai kebudayaan Mandar. Kata kunci: Kalindaqdaq, pappasang, regulasi diri siswa. GIVING KALINDAQDAQ AND PAPPASANG FOR UP TO SELF REGULATION OF STUDENTS Ahmad Bisyri Syam (ahmadbisyrisyam@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Ahmad Ridfah (ridfah@yahoo.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 Abstrak Ahmad Bisyri Syam, Widyastuti, Ahmad Ridfah. Kalindaqdaq and Pappasang for up to self regulation of students. Kalindaqdaq and Pappasang are one of Mandar’s literature works that contain advices, ideas, thoughts, moralities and religion as guidance on behave in society. Kalindaqdaq and Pappasang are cultural approach that including psychological comprehension. Psychological comprehension then correlated with self regulation on students in SMPN 3 Majene and SMPN 4 Pamboang. The purpose of this study is to know difference self regulation of gain score, to know giving Kalindaqdaq and Pappasang, with to know difference self regulation when no giving Kalindaqdaq and Pappasang. Subject of this study are 40 (N=40) students which 20 students in control group and 20 students in experimental group. Data analyze method that being used in this study is Mann Whitney U Test and Wilcoxon. Result of this study 1 shown that there is no difference self regulation of gain score on student SMPN 3 Majene and SMPN 4 Pamboang (p-value 0,685 >0,05). Result of this study 2 shown that there is no influence of giving Kalindaqdaq and Pappasang to enhancing self regulation on student SMPN 4 Pamboang (p-value 0,744 >0,05). Result of this study 3 shown that there is no difference if no influence of giving Kalindaqdaq and Pappasang to enhancing self regulation on student SMPN 3 Majene (p-value 0,286 >0,05). This research become reference of reseacher future. Keyword: Kalindaqdaq, Pappasang, student’s self regulation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:04
Last Modified: 02 Feb 2018 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item