Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup Di Sekitar Danau Kelimutu Kebupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

HALIMAH, HASAN (2013) Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup Di Sekitar Danau Kelimutu Kebupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
HALIMAH HASAN..docx

Download (13kB)

ABSTRAK HALIMAH HASAN. 2013. Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup Di Sekitar Danau Kelimutu Kebupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesadaran hukum masyarakat dalam memelihara pelestarian fungsi lingkungan hidup di sekitar danau kelimutu dan untuk mengetahuin bagaimana partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan untuk pelestarian fungsi lingkungan hidup di sekitar danau kelimutu Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan anggota masyarakat di Desa Koanara kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende sebanyak 2037 jiwa. Sedangkan sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling) yaitu jumlah 30 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kesadaran hukum masyarakat terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup di sekitar danau kelimutu kabupaten Ende provinsi Nusa Tenggara Timur yaitu: (1). kesadaran hukum masyarakat dalam memelihara pelestarian fungsi lingkungan hidup di sekitar danau kelimutu adalah memadai di mana perannya terhadap lingkung¬an hidup berpartisipasi me¬lalui penyuluhan, penerangan, pendi¬dikan, penegakan hukum dan menjaga lingkungan hidup serta meningkatkan kebersamaan masyarakat dalam memelihara lingkungan di kawasan danau kelimutu dengan cara bergotong royong agar bersama-sama membersihkan sesuai dengan waktu yang disepakati, melaksanakan jumat bersih, dan membuang sampah pada tempatnya. (2). partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan untuk pelestarian fungsi lingkungan hidup di sekitar danau kelimutu adalah berupa, menanggulangi sampah, menanggulangi pencernaan, menjaga kelestarian ekosistem tanaman, bercocok tanam secara kelola dengan baik penerimaan masyarakat, baik secara mental maupun emosional dalam situasi keberhasilan serta bertanggung jawab atas tanggapan ataupun penolakan terhadap program penanganan sampah/kebersihan lingkungan hidup merupakan bagian yang mutlak dari kehidupan manusia dan pemanfaatan lingkungan bagi masyarakat dalam berbagai aspek sangat terlihat di mana lingkungan di sekitar danau kelimutu banyak di pergunakan oleh warga untuk bercocok tanam dan pemanfaatan lainnya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: ?? sch_hum ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:01
Last Modified: 25 Apr 2016 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item