STUDI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR STUDI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DI SMK NEGERI 3 PINRANG KAB.PINRANG AKADEMIK DI SMK NEGERI 3 PINRANG KAB.PINRANG

M.AFTI GANGGALA (2022) STUDI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR STUDI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DI SMK NEGERI 3 PINRANG KAB.PINRANG AKADEMIK DI SMK NEGERI 3 PINRANG KAB.PINRANG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
awalan.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (71kB)
[img] Text
Daftar pustaka perbaikan.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (54kB)

Abstract

M.Afti Ganggala, 2017. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik di SMK Negeri 3 Pinrang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dr.Andi Nurochmah,M.Pd dan Dra.Sitti Habibah,M.Si Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji tentang Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik di SMK Negeri 3 Pinrang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik di SMK Negeri 3 Pinrang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang Berdasarkan fokus penelitian tersebut maka pnelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik di SMK Negeri 3 Pinrang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik di SMK Negeri 3 Pinrang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang berjalan sesuai dengan prosedur yang ada mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Hal ini ditunjukkan dari perencanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah melakukan penyusunan rancangan supervisi, waktu dan penetapan tujuan yang digunakan dalam supervisi akademik; pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah melaksanakan supervisi akademik kepada tenaga pendidiknya mulai dari bentuk dan teknik supervisi yang dilakukan seperti observasi/kunjungan kelas, pembicaraan individual, dan rapat tenaga pendidik; serta evaluasi supervisi akademik kepala sekolah telah melakukan evaluasi seperti mengadakan rapat untuk membahas hasil dari supervisi akademik kemudian diberikan tindaklanjut berupa bimbingan dan bantuan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 May 2022 02:27
Last Modified: 20 May 2022 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23197

Actions (login required)

View Item View Item