PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MALUA KECAMATAN MALUA KABUPATEN ENREKANG

HARYADI SANDI (2022) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MALUA KECAMATAN MALUA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
sampul lengkap SKRIPSI.docx

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

HARYADI SANDI .2017. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMA Negeri 1 Malua dengan Skripsi dibimbing oleh Dra. Nirmala, S.Pd.,M.Si dan Drs. M. Bachtiar, M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Malua. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Malua. Tujuan penelitian Untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMA Negeri 1 Malua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini Kepala sekolah dan empat guru. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi . Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan supervisi akademik di SMA Negeri 1 Malua sudah melakukan penyusunan rancangan supervisi, waktu, penyiapan instrumen, dan penetapan tujuan yang digunakan dalam supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri 1 Malua sudah melaksanakan supervisi akademik kepada tenaga pendidiknya mulai dari pengumpulan data, penilaian, deteksi kelemahan, teknik-teknik supervisi akademik, memperbaiki kelemahan, serta bimbingan dan pengembangan. Adapun yang di evaluasi mencakup semua aspek yang meliputi hasil, proses dan pelaksanaannya. Selain itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Malua juga mengadakan umpan balik (feedback) dengan guru-guru berkaitan dengan proses pelaksanaan sehingga keterbukaan guru dalam mengungkapkan semua permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dapat diatasi dengan cepat dan tepat dan juga memberikan arahan mengikuti bimbingan pelatihan/diklat sesuai masalah yang di hadapi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 May 2022 02:19
Last Modified: 20 May 2022 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23194

Actions (login required)

View Item View Item