MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN MODERN ( STUDI KASUS DI PESANTREN MODERN DARUL FALAH ENREKANG ) KABUPATEN ENREKANG

FATHUL RAHMAN.S (2022) MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN MODERN ( STUDI KASUS DI PESANTREN MODERN DARUL FALAH ENREKANG ) KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
sampul dan kawan-kawan.doc

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB Complete 1-5.docx

Download (172kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

FATHUL.R, 2017. Manajemen Kurikulum Pesantren Modern (Studi Kasus di Pesantren Modern Darul Falah Enrekang) Kecamatan Enrekang,Kabupaten Enrekang. Skripsi dibimbing oleh Prof. Suparlan Suhartono, M.Ed, Ph.D dan Dr.Andi Cudai Nur, M.Si Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Kurikulum Pada Pesantren Modern Darul Falah Enrekang. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui bentuk Perencanaan,Pelaksanaan, dan Evaluasi Kurikulum di Pesantren Modern Darul Falah Enrekang. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk manajemen kurikulum pesantren modern pada Pesantren Modern Darul Falah Enrekang, Kab.Enrekang. Hal tersebut terdiri dari yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kurikulum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Direktur, Ketua Pelaksana Harian, Kepala Sekolah, dan Guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kurikulum Pesantren Modern Darul Falah Enrekang mengikuti kurikulum nasional pada umumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13) dengan memadukan Kurikulum Kepesantrenan sebagai ciri khas pesantren, yang terdiri dari (1) Perencanaan Kurikulum telah berjalan sesuai dengan kebijakan yang berlaku dengan melibatkan sumber daya dan komponen pesantren, penyusunan kurikulum diterapkan dengan maksimal dalam penyusunan proses pembelajaran model kurikulum telah diterapkan dengan baik sesuai tujuan pesantren, (2) pelaksanaan kurikulum dari tingkat formal dan kepesantrenan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan, banyak kegiatan yang dilakukan pesantren berkenaan dengan bagaimana memberikan pengalaman belajar langsung kepada santri, pada tingkatan sekolah pelaksanaan kurikulum berjalan dengan optimal, proses pembelajaran yang dilakukan juga berjalan dengan optimal dikarenakan pemamfaatan alat dan media yang disediakan pesantren membuat santri lebih nyaman delam menerima pembelajaran, (3) Evaluasi Kurikulum berjalan sesuai dengan berbagai pengembangan kriteria penilaian seperti bagaimana santri memamfaatkan ilmu yang bisa diberikan bisa, diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari melalui pesantren dan terus ada perbaikan dalam kurikulum

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:28
Last Modified: 22 Apr 2022 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23156

Actions (login required)

View Item View Item