IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN WASUPONDA KABUPATEN LUWU TIMUR

MARIA JANA TANDILOLO (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN WASUPONDA KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (30kB)
[img] Text
Awalan.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

MARIA JANA TANDILOLO. 2016. Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Dasar Se-kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Dibimbing oleh Dr. Ed. Faridah, ST, M.Sc dan Dr. Ratmawati T, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi supervisi manajerial pengawas Sekolah Dasar se-kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Fokus penelitian ini adalah implementasi supervisi manajerial pengawas Sekolah Dasar se-kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pelaksanaan pemantauan, pelaksanaan penilaian kinerja, dan penyusunan pelaksanaan program pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi supervisi manajerial pengawas Sekolah Dasar se-kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan fenomena yang terjadi dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah koordinator pengawas, pengawas Sekolah Dasar, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawas Sekolah Dasar telah melaksanakan penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pelaksanaan pemantauan, pelaksanaan penilaian kinerja, dan penyusunan laporan pelaksanaan program pengawasan berdasarkan tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah. Kondisi geografis lokasi penelitian dan jumlah sekolah binaan yang tidak sebanding dengan jumlah pengawas mempengaruhi frekuensi pengawasan dan manajemen waktu pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sehingga perlu adanya penambahan jumlah pengawas SD.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:09
Last Modified: 22 Apr 2022 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23143

Actions (login required)

View Item View Item