PERAN GURU DALAM PROSES INOVASI PENDIDIKAN ( Studi Kasus Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Di SMP Negeri 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara)

ANUGERAH ERLANGGA KARRA (2022) PERAN GURU DALAM PROSES INOVASI PENDIDIKAN ( Studi Kasus Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Di SMP Negeri 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara).

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

ANUGERAH ERLANGGA KARRA. 2016. Skripsi. Peran Guru Dalam Inovasi Pendidikan (Studi Kasus Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Di SMP Negeri 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara)¬. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd dan Dr. Ansar, M.Si Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Peran Guru Dalam Proses Inovasi Pendidikan (Study Kasus Pada Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Di SMP Negeri 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara). Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam proses inovasi pendidikan yang berfokus pada penerapan model pembelajaran inovatif di SMP Negeri 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peran guru dalam proses inovasi pendidikan yang berfokus pada penerapan model pembelajaran inovatif di SMP Negeri 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru sebanyak sembilan orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif pada SMP Negeri 1 Rantebua belum berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini di sebabkan karena guru-guru kurang berperan dalam penerapan tersebut. Selain itu, guru-guru di SMP Negeri 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara belum sepenuhnya memahami dan menerima inovasi pendidikan dalam penerapan pembelajaran inovatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:29
Last Modified: 22 Apr 2022 00:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item View Item