MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MUSIK TRADISIONAL DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS X IPA 1 DI SMAN 10 BONE

RIDWAN, ZULKIFLI (2021) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MUSIK TRADISIONAL DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS X IPA 1 DI SMAN 10 BONE. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL ZULKIFLI RIDWAN 1782041003 - Zulkifli Ridwan.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan menjawab masalah, yaitu: 1) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pembelajaran musik tradisional pada kelas X Ipa I di SMAN 10 Bone. 2) Hasil penerapan metode Problem Based Learning pada pembelajaran musik tradisional. Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran musik tradisional yaitu, gendang, kecapi, suling dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X Ipa I SMAN 10 Bone yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 17 orang putri dan 12 orang putra. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar tes unjuk kerja, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning, Pada siklus I observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 72 dengan kategori cukup baik, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 90 dengan kategori sangat baik. Pada siklus I tes unjuk kerja penilaian kelompok secara keseluruhan memperoleh nilai 66, dan tes unjuk kerja praktik penilaian individu memperoleh indeks persentase 49,19%. Kemudian meningkat pada siklus II tes unjuk kerja penilaian kelompok mendapatkan nilai 83, dan tes ujuk kerja praktik penilaian inidividu memperoleh indeks persentase 90,21% .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:10
Last Modified: 20 Jun 2022 05:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item