KONTINUITAS PELAKU SERE API DI DUSUN LEMPANG DESA GATTARENG KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU

DASARI, FITRIANA (2022) KONTINUITAS PELAKU SERE API DI DUSUN LEMPANG DESA GATTARENG KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL FITRIANA DASARI SENI TARI 2018 - Fauziah Maharani ismail.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memperoleh data dan informasi terkait dengan: 1) Keberadaan pelaku Sere Api pada masa dulu dan masa kini di Dusun Lempang Desa Gattareng Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. 2) Upaya pelaku Sere Api dalam melanjutkan pertunjukan Sere Api berdasarkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka, observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakann pada penelitian ini yaitu : 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu: 1) Keberadaan pelaku Sere Api pada masa dulu dan masa kini yang memiliki beberapa perubahan dari segi pelaku dan lingkungan namun tetap bertahan sehingga adanya kontinuitas yang terjadi. 2) Selain itu, berdasarkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor�faktor yang menjadikan sebuah pertunjukan dan pelaku sere api berlanjut yaitu karena adanya berbagai upaya yang dilakukan oleh pelaku sere api dan masyarakat setempat berupa kegiatan ekonomi dengan menetapkan harga sewa pertunjukan, sosial dengan membuat kelompok musyawarah guna membahas keberlangsungan pertunjukan, dan pemanfaatan sumber daya yang ada di lingkungan guna mempertahankan pertunjukan Sere Api.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:10
Last Modified: 20 Jun 2022 05:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23110

Actions (login required)

View Item View Item