A L V I R A H (2022) PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 MAMASA.
Text
SAMPUL DEPAN.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (24kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (48kB) |
Abstract
ALVIRAH, 2016. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor di SDN 117 Inpres Kurusumange Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd dan Dr. Ed. Faridah, ST, M.Sc. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peranan kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor di SDN 117 Inpres Kurusumange Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor di SDN 117 Kurusumange Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor di SDN 117 Kurusumange Kecamatan Tanralili Kabuputen Maros berjalan sesuai dengan prosedur yang ada namun belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari indikator perencanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah melakukan penyusunan tujuan, sasaran, waktu dan metode yang digunakan dalam supervisi akademik; pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah melaksanakan supervisi akademik kepada tenaga pendidiknya mulai dari bentuk supervisi yang dilakukan seperti observasi/kunjungan kelas, pembicaraan individual, dan rapat tenaga pendidik; dan evaluasi supervisi akademik kepala sekolah sudah melakukan evaluasi seperti mengadakan rapat untuk membahas hasil/feedback dari supervisi akademik. Dari keseluruhan hasil supervisi akademik kepala sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah dijankan sesuai dengan prosedur, namun belum memberikan dampak yang begitu besar kepada tenaga pendidik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:27 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23094 |
Actions (login required)
View Item |