IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI I BIKERU KABUPATEN SINJAI

MUSDALIFAH (2022) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI I BIKERU KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
Halaman depan skripsi ifa.docx

Download (68kB)
[img] Text
Skripsi ifa.docx

Download (163kB)

Abstract

Musdalifah. 2012. Implementasi pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri I Bikeru Kab.Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Bachtiar, M.Si dan Dra. Nirmala, S.Pd. M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang, Implementasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Fokus masalah ini adalah bagaimana gambaran tentang implementasi pengelolaan Perpustakaan pada SMA Negeri I Bikeru Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran tentang implementasi pengelolaan Perpustakaan Sekolah, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan Perpustakaan Sekolah pada SMA Negeri I Bikeru Kabupaten Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan unit analisis 4 Orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: 1) pengelolaan Perpustakaan SMA Negeri I Bikeru Kabupaten Sinjai. Meliputi: a) perencanaan dengan membuat inventarisasi keadaan buku dan sarana dan prasarana serta kebutuhan pengadaan yang dilakukan pada akhir tahun ajaran dan atau awal tahun ajaran. Pengadaan buku diperoleh dari siswa, dana BOS, proyek buku pusat Jakarta, dan Dinas Pendidikan, sedangkan sarana dan prasarana diperoleh dari pihak sekolah, b) pengorganisasian dengan melakukan pembagian tugas berdasarkan struktur organisasi, dan setiap bagian memiliki keterkaitan dalam memberikan pelayanan Perpustakaan, c) penggerakkan meliputi kegiatan inventarisasi bahan pustaka, katalogisasi, penyusunan buku, pemeliharaan buku, serta pelayanan sirkulasi, dan d) pengawasan dilakukan oleh Kepala Perpustakaan terhadap kinerja pegawai serta penggunaan buku dan sarana dan prasarana dan dibawah pengawasan Kepala Sekolah selaku penanggung jawab Perpustakaan Sekolah, dan 2) kendala-kendala dalam pengelolaan Perpustakaan Sekolah, berupa: a) aspek sumber daya, meliputi: keterbatasan jumlah Pegawai, dan tidak adanya Pegawai yang berlatar belakang pendidikan jurusan Perpustakaan, dan adanya Siswa yang tidak disiplin mengembalikan buku atau kurang disiplin dalam membaca buku di Perpustakaan Sekolah, dan b) aspek sarana dan prasarana Perpustakaan Sekolah, meliputi: terbatasnya buku- buku atau bahan bacaan, belum ada panduan membuat katalog, tidak ada komputer di Perpustakaan Sekolah, dan terbatasnya luas ruangan Perpustakaan Sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:59
Last Modified: 20 Apr 2022 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item View Item