PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SD NEGERI 12/22 SALEBBO KABUPATEN PANGKEP

NUR HUMAIDAH IMRAN (2022) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SD NEGERI 12/22 SALEBBO KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran Depan.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB I LATAR BELAKANG.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (188kB)

Abstract

Nur Humaidah Imran. 2015. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SD Negeri 12/22 Salebbo Kabupaten Pangkep. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Sitti Habibah, M.Si dan Dra. Nirmala S.Pd, M.Si jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SD Negeri 12/22 Salebbo kabupaten Pangkep. Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SD Negeri 12/22 Salebbo Kabupaten Pangkep? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SD Negeri 12/22 Salebbo Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SD Negeri 12/22 Salebbo dimulai dari tahap perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemakaian, pemeliharaan, dan penghapusan. Pada proses perencanaan sarana dan prasarana semua aspirasi dari warga sekolah ditampung untuk dipertimbangkan yang akan diprioritaskan pengadaannya berdasarkan sarana dan prasarana yang paling dibutuhkan. Semua sarana dan prasarana yang sudah ada selanjutnya dicatat di buku inventaris agar diketahui keberadaannya. Kemudian pada proses pemakaiannya selalu dikontrol dan dipelihara agar tetap terjaga dan selalu dalam keadaan siap pakai hingga akhirnya dilakukan penghapusan untuk sarana dan prasarana yang sudah tidak layak pakai. Tahapan dan proses pengelolaan tersebut sudah hampir terlaksana dengan baik tetapi masih terdapat beberapa sarana dan prasarana yang belum ada dan tidak tersedia seperti lapangan olahraga yang masih menggunakan lapangan upacara sebagai alternatinya, ruang pertemuan yang masih menggunakan ruang guru, serta tidak adanya mushallah sebagai tempat ibadah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SD Negeri 12/22 Salebbo sudah baik, namun ketersediaan sarana dan prasarananya belum memadai sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:02
Last Modified: 20 Apr 2022 01:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23036

Actions (login required)

View Item View Item