IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMA NEGERI 1 TALIBURA KABUPATEN SIKKA NUSA TENGGARA TIMUR

ELVILIANA SOJA (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMA NEGERI 1 TALIBURA KABUPATEN SIKKA NUSA TENGGARA TIMUR.

[img] Text
Bagian awal.docx

Download (68kB)
[img] Text
Bab 1-5.docx

Download (136kB)

Abstract

Elviliana Soja, 2015. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SMA Negeri 1 Talibura Kabupaten Sikka NTT. Skripsi, dibimbing oleh Prof.Dr.H.Ismail Tolla,M.Pd dan Dr. Andi Cudai Nur, M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SMA Negeri 1 Talibura Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Negeri 1 Talibura Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, selanjutnya penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Implementasi Manajemen Berbasis sekolah (MBS) di SMA Negeri 1 Talibura Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur. Sedangkan yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian. Prosedur pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Berbasis sekolah (MBS) di SMA Negeri 1 Talibura Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur khususnya dalam manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen tenaga kependidikan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dan manajemen layanan khusus dapat dinyatakan belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah belum berjalan dengan baik dan belum optimal. Sehingga mempengaruhi kurangnya professionalisme guru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:24
Last Modified: 19 Apr 2022 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23034

Actions (login required)

View Item View Item