PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA NEGERI 1 PALLANGGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

MUH. INSAN KAMIL NASRUN (2022) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA NEGERI 1 PALLANGGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1.docx

Download (36kB)
[img] Text
I. Latar belakang.doc

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA baruu.doc

Download (38kB)

Abstract

Muh. Insan Kamil Nasrun.2015, Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMA Negeri 1 Pallangga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sitti Habibah M.Si dan Dra. Andi Nurochmah, M,Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh peran kepala sekolah terhadap kompetensi guru di SMA Negeri 1 Pallangga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah gambaran peran Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pallangga, Kab. Gowa? (2)Bagaimanakah gambaran kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran di Sekolah SMA Negeri 1 Pallangga, Kab. Gowa ? (3)Apakah ada pengaruh peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di Sekolah SMA Negeri 1 Pallangga, Kab. Gowa ?. Penelitian ini bertujuan, (1)Mengetahui gambaran peran Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pallangga, Kab. Gowa. (2)Mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran di Sekolah SMA Negeri 1 Pallangga, Kab. Gowa. (3)Mengetahui pengaruh peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di Sekolah SMA Negeri 1 Pallangga, Kab. Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Selanjutnya yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada SMA Negeri 1 Pallangga di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 55 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik angket dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menyesuaikan persentase dan regresi sederhana, selanjutnya diolah dengan SPSS (Statistical Program For Social Science). Berdasarkan hasil olah data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMAN 1 Pallangga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa berada pada kategori baik sedangkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Pallangga kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa berada dalam kategori baik dalam proses pembelajaran dan terdapat pengaruh positif terhadap peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMAN 1 Pallangga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:13
Last Modified: 19 Apr 2022 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23032

Actions (login required)

View Item View Item