Pengaruh Penerapam Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Makassar

NURIDAYANTI, NURIDAYANTI (2016) Pengaruh Penerapam Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK NURIDAYANTI. 2016. Pengaruh Penerapam Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Makassar. (Dibimbing oleh pembimbing I Purnamawati dan pembimbing II Hasanah Nur). Problem posing merupakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik mampu membuat soal dan menjawabnya sendiri sehingga diasumsikan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem posing (ii) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem posing (iii) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar peserta didik (iv) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan subjek penelitian berjumlah 54 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Motivasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem posing lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (ii) Hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem posing lebih besar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (iii) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar peserta didik. (iv) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik. Keyword: Hasil belajar, motivasi belajar, problem posing.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:37
Last Modified: 31 Mar 2017 08:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item