PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C DI PKBM BATU TUJUA KELURAHAN TANETE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA

NURFITRAH SASRIANITA (2022) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C DI PKBM BATU TUJUA KELURAHAN TANETE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
PJE NURFITRAH SASRIANITA-dikonversi.pdf

Download (581kB)

Abstract

NURIFTRAH SASRIANITA.2021. Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Program Paket C di PKBM Batu Tujua Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si. dan Dr. Hj. Kartini Marzuki, M.Si pada program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk Mengetahui Bagaimanakah Kesiapan Belajar Warga Belajar Program Paket C di PKBM Batu Tujua Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. 2)Untuk Mengetahui Bagaimanakah Hasil Belajar Warga Belajar Program Paket C di PKBM Batu Tujua Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. 3) Untuk Mengetahui Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Program Paket C di PKBM Batu Tujua Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah populasi 143 warga belajar program paket c, namun yang termasuk ketika penelitian 59 warga belajar. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data adalah analisis statistic deskriptif dan uji regersi linier sederhana. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh data kesiapan belajar warga belajar dari 59 sampel terdapat 64% warga belajar berada dalam kategori sedang dan hanya 17% warga belaajr yang berada pada kategori rendah. Pada variabel hasil belajar dari 59 sampel terdapat 61% berada pada kategori sedang dan 19% berada pada kategori rendah, jadi hasil belajar warga belajar berada pada kategori sedang. Pada analisis regresi sederhana diperoleh hasil yaitu skor t hitung = 4,838 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar. Sedangkan besaran pengaruhnya 0,540 yang artinya besaran pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar adalah 54%. Untuk warga belajar diharapkan mampu mempersiapkan dirinya baik dari segi fisik dan segi psikis. Untuk tutor diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi warga belajar. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Hasil Belajar, Program Paket

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:09
Last Modified: 13 Apr 2022 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22993

Actions (login required)

View Item View Item