KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN PATTINGALLOANG BARU KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR

MUHAMMAD ILHAM AKBAR. B (2022) KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN PATTINGALLOANG BARU KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PJE 2021 (MUHAMMAD ILHAM AKBAR. B)-dikonversi.pdf

Download (378kB)

Abstract

Studi ini mengkaji Keterlibatan Orangtua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Kelurahan Pattingalloang Baru, Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterlibatan orangtua dalam memberikan pendidikan seks pada anak usia dini di Kelurahan Pattingalloang Baru, Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan keterlibatan orangtua dalam memberikan pendidikan seks pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua telah mengupayakan diri dalam memberikan informasi terkait seks kepada anak usia dini. Bentuk pendidikan seks pada anak usia dini antara lain: 1) Memperkenalkan jenis kelamin 2) Memberitahu mengenai organ seks pada manusia 3) Mengajarkan tata krama pergaulan antar manusia 4) Memisahkan tempat tidur antara anak laki-laki dan perempuan 5) Menjaga tontonan anak dari tayangan yang mendatangkan dampak negatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:41
Last Modified: 13 Apr 2022 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22985

Actions (login required)

View Item View Item