Pengembangan Perangka tPembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Asam, Basa, dan Garam

DARMAENI, DARMAENI (2016) Pengembangan Perangka tPembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Asam, Basa, dan Garam. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK DARMAENI. 2016.PengembanganPerangkatPembelajaranIPA BerbasisInkuiriTerbimbinguntukmenumbuhkanKeterampilanBerpikirKritisPesertaDidikpadaMateriAsam, Basa, danGaram(Dibimbing oleh Muhammad DanialdanNurdinArsyad). Rumusan masalah penelitian ini adalah (i) bagaimanakahmengembangkanperangkatpembelajaran IPA berbasisinkuiriterbimbingpadamateriasam, basa, dangaram; (ii)bagaimanakevalidan, kepraktisan, keefektifanperangkatpembelajaran IPA berbasisinkuiriterbimbing. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk menghasilkan perangkatpembelajaran IPA berbasisinkuiriterbimbingpadamateriasam, basa,garam; (ii)untukmendeskripsikankevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang difokuskanuntukmengembangkanperangkatpembelajaranIPA berbasisinkuiriterbimbingpadamateriasam, basa, dangaram. Perangkatpembelajaran yang dihasilkandalampenelitianiniadalahRPP, BukuAjar PesertaDidik (BAPD), LembarKerjaPesertaDidik(LKPD),untukmateriasam, basa, dangaramdengankompetensidasaradalah(i)mengelompokkansifatlarutanasam, larutanbasa,danlarutangarammelaluialatdanindikator yang tepat; (ii)melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.Pada saat mengembangkan perangkat pembelajaran dikembangkan pula instrumen yang terkait dengan perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakandalampenelitianinimengacupada model Thiagarajanatau 4-D yang terdiridaritahappendefinisian, tahapperancangan, tahappengembangandantahappenyebaran. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori sangat valid untuk RPP dan BAPD dan kategori valid untuk LKPD serta dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pada penelitian ini uji coba dilakukan satu kali. Uji coba dilakukan pada kelas VII2 SMP Negeri 1 Bulukumba. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, yaitu: (1) perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing sudah praktis, (2) perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam, basa, dan garam sudah efektif karena telah memenuhi 3 dari 4 indikator keefektifan, yaitu: ketuntasan klasikal tes hasil belajar telah tercapai, aktivitas peserta didik pada setiap pertemuan berada pada rentang batas toleransi , dan respon peserta didik berada pada kategori positif. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh perangkat pembelajaran IPA berbasisinkuiriterbimbingpadamateriAsam, Basa, danGaramyang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:29
Last Modified: 31 Mar 2017 08:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item