PENGGUNAAN PERMAINAN SPIROGRAPH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS BAGI MURID CEREBRAL PALSY KELAS V DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR

MUHAMMAD FIKRI (2022) PENGGUNAAN PERMAINAN SPIROGRAPH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS BAGI MURID CEREBRAL PALSY KELAS V DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
PJE 2022 fikri (1).pdf

Download (636kB)

Abstract

trak Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan motorik halus murid cerebral palsy pada program khusus pengembangan gerak di SLB Negeri 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan motorik halus pada seorang murid cerebral palsy di kelas V di SLB Negeri 1 Makassar sebelum penggunaan permainan spirograph, 2) Kemampuan motorik halus pada seorang murid cerebral palsy di kelas V di SLB Negeri 1 Makassar setelah penggunaan permainan spirograph, 3) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui penggunaan permainan spirograph pada murid cerebral palsy kelas V di SLB Negeri 1 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seorang murid cerebral palsy kelas V yang berinisial NA. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan membandingkan nilai yang diperoleh anak sebelum dan setelah perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) kemampuan motorik halus pada seorang murid cerebral palsy di kelas V di SLB Negeri 1 Makassar sebelum penggunaan permainan spirograph berada pada kategori rendah, 2) kemampuan motorik halus pada seorang murid cerebral palsy di kelas V di SLB Negeri 1 Makassar setelah penggunaan permainan spirograph berada pada kategori tinggi, 3) terdapat peningkatan kemampuan motorik halus melalui penggunaan permainan spirograph pada murid cerebral palsy kelas V di SLB Negeri 1 Makassar dari kategori rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Dengan demikian, kemampuan murid setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci: Kemampuan motorik halus, Spirograph, Murid Cerebral palsy.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:21
Last Modified: 13 Apr 2022 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22979

Actions (login required)

View Item View Item