PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN BONEKA TANGAN PADA MURID TUNARUNGU KELAS VI DI SLB PK & PLK GALESONG

VEBI FEBRI YANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN BONEKA TANGAN PADA MURID TUNARUNGU KELAS VI DI SLB PK & PLK GALESONG.

[img] Text
JURNAL vebi febriyanti.pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca pemahaman murid tunarungu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB PK & PLK Galesong, dimana murid belum memahami isi bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penggunaan boneka tangan pada murid tunarungu kelas VI di SLB PK & PLK Galesong. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui kemampuan membaca pemahaman pada murid tunarungu kelas VI di SLB PK & PLK Galesong. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah murid tunarungu kelas VI berinisial SN. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subjeck Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1) kemampuan membaca pemahaman subjek SN mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan membaca pemahaman subjek SN selama di berikan perlakuan meningkat ke kategori cukup dari analisis dalam kondisi intervensi (B), (3) Kemampuan membaca pemahaman subjek SN setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategoi rendah dilihat dari kondisi beseline 2 (A2), (4) penimgkatan kemampuan membaca pemahaman subejk SN berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan murid sangat rendah, meningkat kategori cukup selama diberikan perlakuan, dan dari kategori cukup pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori rendah setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek SN lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dapatdismpulkan: (1) kemampuan membaca pemahaman melalui penggunaan boneka tanagan pada subjek SN sebelum diberikan perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penggunaan boneka tangan untuk meningkat subjek SN selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), (3) peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penggunaan boneka tangan pada subjek SN setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi di lihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalu penggunaan boneka tanga pada subjek SN berdasarkan analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang di peroleh subjek SN lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Membaca Pemahaman, Boneka Tangan,Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:13
Last Modified: 13 Apr 2022 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22978

Actions (login required)

View Item View Item