PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA ANAK PENDERITA KANKER (STUDI KASUS DI YAYASAN KASIH ANAK KANKER INDONESIA KOTA MAKASSAR

WILDHAN MARWAN (2022) PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA ANAK PENDERITA KANKER (STUDI KASUS DI YAYASAN KASIH ANAK KANKER INDONESIA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL WILDHAN MARWAN .pdf

Download (628kB)

Abstract

WILDHAN MARWAN. 2021, Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Anak Penderita Kanker (Studi Kasus di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Kota Makassar). Skripsi dibimbing oleh Dr. Moh. Ali Latif Amri,M.Pd., selaku pembimbing I dan Dr. Latang, M.Pd., selaku pembimbing II. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Anak Penderita Kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pendampingan penyelenggaraan pembelajaran di YKAKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Objek pada penelitian ini adalah 1 orang ketua YKAKI, 1 orang admin keuangan, 4 orang tenaga pendidik dan 3 orang peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendampingan pembelajaran pada anak penderita kanker disesuaikan dengan tingkat pendidikan peserta didik serta diberikan penanganan khusus agar semua peserta didik bisa belajar dengan baik secara daring maupun luring. Peserta didik yang kondisinya memungkinkan bisa mengikuti pembelajaran tanpa terkecuali. Materi pembelajaran diberikan oleh guru sekolah asal yang dikirim melalui grup whatsapp peserta didik, proses pembelajaran dilakukan dengan pendekatan persuasive dan mengikuti kemauan peserta didik serta tidak memaksa keinginan peserta didik. Setelah itu melakukan evaluasi pembelajaran dengan melihat kesiapan, merefleksi dan memberikan beberapa pertanyaan seputar materi pelajaran peserta didik Serta memberikan motivasi dan ragi belajar kepada peserta didik yang telah menyelesaikan proses pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:53
Last Modified: 13 Apr 2022 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22977

Actions (login required)

View Item View Item