PENYELENGGARAAN PROGRAM KEAKSARAAN DASAR TERINTEGRASI VOKASIONAL SKILL BINAAN UPTD SPNF SKB KABUPATEN MAROS

ASMIRA (2022) PENYELENGGARAAN PROGRAM KEAKSARAAN DASAR TERINTEGRASI VOKASIONAL SKILL BINAAN UPTD SPNF SKB KABUPATEN MAROS.

[img] Text
PJE 2021 (ASMIRA)-converted.pdf

Download (434kB)

Abstract

faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran program keaksaraan fungsional Binaan UPTD SPNF Kabupaten Maros. Analisis data menggunakan deskriptif yang akan memberikan gambaran tentang pertanyaan penelitian pada fokus masalah. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Pada tahap pelaksanaan program keaksaraan dasar menggunakan 10 patokan penyelenggaran program pendidikan nonformal. Beberapa strategi yang diterapkan dalam pengintegrasian Vokasional Skill pada program keaksaraan dasar adalah: a) Tujuan program; b) Identifikasi; c) Pelaksanaan pembelajaran; d) Hasil pembelajaran. Pembelajaran keaksaraan fungsional di Kelompok Belajar Elang di Dusun Pajaiang, Desa Tukamasea Kecamatan Bantimurung yang dilaksanakan memberikan hasil yang positif, ibu-ibu yang sebelumnya tidak bisa membaca dan menulis sekarang dapat dikatakan bebas dari masalah buta aksara, mereka mulai mempunyai kemampuan calistung sebagai upaya pemberantasan masyarakat buta aksara. Selain itu warga saat ini warga mulai mampu menerapkan pelatihan keterampilan yang pernah diajarkan selama program keaksaraan fungsional dilaksanakan yaitu membuat jajanan pasar untuk dijual bersamaan terutama bagi warga belajar yang mulai terampil membuat telur asin, gogos dan asesoris untuk dijajakan di sekitar lokasi wisata Bantimurung sehingga dapat meningkatkan penghasilannya sehari-hari Kata Kunci: Penyelenggara, Aksara, Vokal, SPNF

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:46
Last Modified: 13 Apr 2022 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22975

Actions (login required)

View Item View Item