STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK PUTUS SEKOLAH (STUDI KOMUNITAS PEDULI ANAK JALANAN DI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR)

ANHAR IRAWAN (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK PUTUS SEKOLAH (STUDI KOMUNITAS PEDULI ANAK JALANAN DI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR).

[img] Text
PJE 2021 ANHAR IRAWAN.docx

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Putus Sekolah (Studi Pada Komunitas Peduli Anak Jalanan Di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah ketua komunitas, pengelola KPAJ, dan Warga Belajar di area Binaan Adyaksa Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi kata, penyajian data dan pengampilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dan metode. Hasil Penelitian menunjukan dalam strategi pembelajaran dalam meningkatkan minat baca pada anak putus sekolah yaitu langkah yang dilakukan oleh Ketua KPAJ serta Pengajar di Area Binaan Adyaksa dalam aktivitas pembelajaran sebelum memulai pelajaran pengajar melakukan berdoa sebelum memulai pelajaran, setelah itu pengajar memberikan materi kepada warga belajar dan diakhir pelajaran warga belajar diberikan quis Media Pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran ialah buku bacaan, alat tulis, papan tulis serta meja penunjang keberhasilan pelajaraan dapat berjalan dengan baik, Metode Pembelajaran digunakan oleh pengajar ialah masih menggunakan metode ceramah, duduk bersama dalam membaca guna meningkatkan minat baca pada anak putus sekolah. Kata Kunci: Strategi, Minat Baca Abstract This study aims to determine learning strategies in increasing reading interest in school dropout children (Study on a Community Caring for Street Children in Panakkukang District, Makassar City). This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The subjects of this study were the community leaders, KPAJ managers, and learning residents in the Adyaksa target area, Panakkukang District, Makassar City. Data was collected by using observation, interview, and documentation methods. The techniques used in data analysis are word reduction, data presentation and drawing conclusions. Triangulation is used to explain the validity of the data by using various sources and methods. The results showed that the learning strategy in increasing reading interest in school dropouts was the step taken by the Chair of the KPAJ and the Adyaksa Assisted Area Teachers in learning activities before starting the lesson the teacher prayed before starting the lesson, after that the teacher gave material to the learning community and at the end learning citizen lessons are given a quiz. Learning media used during the learning process are reading books, writing instruments, blackboards and tables that support the success of the lesson can run well, the learning method used by the teacher is still using the lecture method, sitting together in reading to increase interest read to out-of-school children. Keywords: Strategy, Reading Interest

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:28
Last Modified: 13 Apr 2022 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22970

Actions (login required)

View Item View Item