STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA DINI DI KELURAHAN MACCINI BAJI KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS

ALFIANTI.F (2022) STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA DINI DI KELURAHAN MACCINI BAJI KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (757kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)

Abstract

ALFIANTI.F. 2019, Strategi Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini di Kelurahan Maccini Baji Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Suardi, S.Pd., M.Pd dan Dr. Hj. Kartini Marzuki, M.Si Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi orangtua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak usia dini di Kelurahan Maccini Baji Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang di gunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti menfokuskan penelitian pada strategi orangtua dalam mengembangkan kecerdasan emosi pada anak usia dini di Kelurahan Maccini Baji Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan oleh orangtua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak usia dini yaitu: melatih keterampilan komunikasi pada anak telah dilakukan untuk mengundang anak mengemukakan pendapat, apa yang dirasakan oleh anak, dan menanggapi uangkapannya. Selanjutnya orangtua telah memberikan kepercayaan kepada anaknya agar anak dapat belajar dan berproses dengan hal tersebut orangtua telah memberikan kesempatan pada anak dalam mengatasi masalahnya sendiri. Kemudia strategi yang terakhir, orangtua tidak memaksa presepsi kepada anak, dengan pengambilan keputusan orangtua telah menyesuaikan dengan kondisi anaknya, memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih, megatur dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menentukan pilihanya. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan orangtua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak usia dini dapat dilihat dari indikator sebagai berikut: anak memiliki sikap mudah bergaul dengan teman sebayanya, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, memperhatikan kepentingan sosial (senang menolong orang lain) dan dapat hidup selaras dengan kelompok, memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain, dan mampu mendengar perkataan orang lain.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:11
Last Modified: 13 Apr 2022 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22968

Actions (login required)

View Item View Item