LITERASI EKONOMI PADA MASYARAKAT MELALUI KOPERASI POSTAMA DI DESA BONTOBIRAENG SELATAN KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

NURFITRIANI (2022) LITERASI EKONOMI PADA MASYARAKAT MELALUI KOPERASI POSTAMA DI DESA BONTOBIRAENG SELATAN KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (107kB)

Abstract

NURFITRIANI, 2020, Literasi Ekonomi pada Masyarakat Melalui Koperasi Postama di Desa Bontobiraeng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Hj. Kartini Marzuki, M.Si dan Dr. H. Muhaemin B, M .Ag. Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah untuk mengetahui Literasi Ekonomi pada Masyarakat Melalui Koperasi Postama di Desa Bontobiraeng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Fokus masalah yang diajukan yaitu: 1) apa saja yang melatarbelakangi masyarakat untuk menjadi anggota koperasi; 2) bagaimana tingkat pemahaman masyarakat dalam mengola keuangan melalui koperasi postama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apa saja yang melatarbelakangi masyarakat untuk menjadi anggota koperasi 2) bagaimana tingkat pemahaman masyarakat dalam mengola keuangan melalui koperasi postama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian 1) latar belakang masyarakat meliputi pengelolaan keuangan 2) tingkat pemahaman masyarakat meliputi pengelolaan keuangan tabungan, pinjaman, proteksi dan investasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1) sumber data primer yaitu terdiri dari 6 orang 2 pengelola dan 4 anggota koperasi. 2) sumber data sekunder adalah data yang digunakan untuk mendukung data primer melalui studi kepustakaan, dokumentasi, buku, majalah, koran, arsip tertulis yang berhubungan dengan obyek yang akan diteliti pada penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di Desa bontobiraeng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif yang bersifat eksploratif untuk mendeskripsikan hasil observasi dan wawancara. Pengecekan keabsahan data adalah data yang dikumpulkan menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Dan hasil data yang di peroleh adalah literasi ekonomi pada masyarakat melalui koperasi postama di desa bontobiraeng selatan kecamatan bontonompo kabupaten gowa yaitu, masyarakat disini mengelola keuanganya dengan hanya sebatas menabung dan meminjam.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:52
Last Modified: 13 Apr 2022 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22963

Actions (login required)

View Item View Item