STRATEGI PENGELOLAAN TAMAN BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PADA TAMAN BACA SERAMBI TAU MACCA DI DESA LOKA KABUPATEN BANTAENG

IRSANDI (2022) STRATEGI PENGELOLAAN TAMAN BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PADA TAMAN BACA SERAMBI TAU MACCA DI DESA LOKA KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
00 SAMPUL DAN PERSETUJUAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
01 BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
06 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (37kB)

Abstract

IRSANDI. 2019. Strategi Pengelolaan Taman Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Pada Taman Baca Serambi Tau Macca Di Desa Loka Kabupaten Bantaeng. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Rudi Amir, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Hj. Kartini Marzuki, M.Si Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Strategi Pengelolaan Taman Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Pada Taman Baca Serambi Tau Macca Di Desa Loka Kabupaten Bantaeng. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Strategi Pengelola Taman Baca Masyarakat Serambi Tau Macca Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Desa Loka Kabupaten Bantaeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pengelola Taman Baca Masyarakat Serambi Tau Macca dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini meliputi 1 orang pengelola dan 2 orang pengunjung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di Borong Desa Loka Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian yaitu Bekerjasama Dinas Pendidikan melakukan sosialisasi dan promosi kepada masyarakat. Hal ini dilakukan Untuk menarik minat baca masyarakat. Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dengan mengamati keadaan masyarakat disekitar TBM. Mengetahui buku yang dibutuhkan masyarakat dengan melihat lipatan buku yang telah dibaca oleh pengunjung. Sebagai upaya yang dilakukan pengelola dalam meningkatkan minat baca masyarakat dengan mengadakan kegiatan lomba membaca seperti baca pusis dan cerita. Memberikan layanan pada pengunjung yaitu membaca dan meminjam buku. Meminjam buku diberikan kepada pungunjung selama 1 bulan dan dapat diperpanjang. Pengelola TBM Serambi Tau Macca dalam menambah variasi judul buku dilakukan dengan cara mengajukan proposal bantuan buku ke Dinas Pendidikan, SKB dan Perpustakaan Daerah. Menambah variasi bahan bacaan merupakan wujud kepedulian pemerintah dan pengelola akan pentingnya budaya membaca. Menata buku dapat memudahkan pengunjung dalam menemukan buku yang hendak dibaca.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:29
Last Modified: 13 Apr 2022 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22958

Actions (login required)

View Item View Item