Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Las Oksi Asitelin dengan Menggunakan Model Project Based Learning di SMK Negeri 3 Makassar Berbasis Guru Efektif

Baharuddin, Fiskia Rera and Latief, Nurlaela (2019) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Las Oksi Asitelin dengan Menggunakan Model Project Based Learning di SMK Negeri 3 Makassar Berbasis Guru Efektif. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019 “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia” ISBN: 978-623-7496-14-4, 2019, Ruang Teater Menara Pinisi UNM.

[img] Text
17. Prosiding Nasional_Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Las Oksi Asitelin dengan Menggunakan Model Project Based.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17. Prosiding Nasional_Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Las Oksi Asitelin dengan Menggunakan Model Project Based.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: a) meningkatkan hasil belajar peserta didik pembelajaran las oksi asetelin di SMK Negeri 3 Makassar; b) mendapatkan bukti adanya peningkatan hasil belajar las oksi asetelin SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis & Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada tiap-tiap siklus terlihat bahwa sebelum tindakan dilakukan nilai pratikumsebesar 67,61 dengan tingkat kelulusan sebesar 13,89%, setelah melakukan tindakan pada siklus I, maka nilai peserta didik yang didapat peserta didik meningkat menjadi 70,95 dengan tingkat kelulusan 60,22%, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 84,19 dengan tingkat kelulusan sebesar 100%. Untuk memperjelas peningkatan penilaian hasil kerja yang telah dilaksanakan. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami kenaikan,sehingga tingkat nilai peserta didik sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peseerta didik dalam pembelajaran las oksi asetelin, hal tersebut berdampak juga terhadap peningkatan prestasi pembelajaran las oksi asetelin.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:09
Last Modified: 12 Apr 2022 14:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item View Item