Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Netsupport School pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK

Dewi, Alfira Puspita and Purnamawati, Purnamawati and Baharuddin, Fiskia Rera (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Netsupport School pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK. In: Seminar Nasional Dies Natalis Fakultas Teknik Ke-55 Universitas Negeri Makassar, 31 Agustus - 1 September 2019, Makassar, Indonesia.

[img] Text
16. Prosiding Nasional_ Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Netsupport School pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Prosiding Nasional - Pengembangan Media Pembelajaran Las Busur Manual Berbasis Macromedia Flash Prof.pdf

Download (728kB)

Abstract

Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil pengembangan model pembelajaran praktik berbasis NetSupport School di SMK Negeri 1 Pangkep, (2) validitas, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran praktik berbasis NetSupport School di SMK Negeri 1 Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini berupa model pembelajaran praktik berbasis NetSupport School pada mata pelajaran desain grafis percetakan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil validitas dari ahli media dan ahli materi menunjukkan kriteria valid. Hasil kepraktisan berdasarkan respon guru dan siswa menunjukkan kriteria praktis, serta keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kriteria terlaksana sepenuhnya. Hasil Keefektifan berdasarkan respon siswa, tes hasil belajar, dan penilaian kompetensi keterampilan menunjukkan kriteria efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:09
Last Modified: 12 Apr 2022 14:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item View Item