KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DI KELOMPOK BERMAIN AL-FURQAN KECAMATAN RAPPOCINI KELURAHAN TIDUNG KOTA MAKASSAR

LIKA FEBRY RAMADHANI (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DI KELOMPOK BERMAIN AL-FURQAN KECAMATAN RAPPOCINI KELURAHAN TIDUNG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI LIKA FEBRY RAMADHANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

LIKA FEBRY RAMADHANI, 2018 Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Di Kelompok Bermain Al-Furqan Kecamatan Rappocini Kelurahan Tidung Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. M. Ali Latif Amri, M.Pd dan Rudi Amir S.Pd M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Di Kelompok Bermain Al-Furqan Kecamatan Rappocini Kelurahan Tidung Kota Makassar. Rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Deskripsi Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Di Kelompok Bermain Al-Furqan Kecamatan Rappocini Kelurahan Tidung Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Di Kelompok Bermain Al-Furqan Kecamatan Rappocini Kelurahan Tidung Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat Deskriptif. Fokus penelitian yaitu: Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Ditinjau Dari Penguasaan pengembangan potensi Peserta Didik Melalui indikator pemahaman Aspek pengembangan Fisik, Aspek pengembangan Intelektual , Aspek pengembangan Emosional Dan Aspek pengembangan Moral Anak Usia Dini. Sasaran penelitian ini yaitu pendidik sebanyak 4 orang dan 1orang Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pendidik telah berusaha untuk memenuhi indikator – indikator dalam menerapkan kompetensi pedagogik pendidik PAUD walau diantara 5 pendidik hanya ada 2 pendidik yang belum paham betul mengenai indikator aspek pengembangan moral dan aspek pengembangan emosional. Kesimpulan penelitian ini dalah kompetensi pedagogik pendidik PAUD di kelompok bermain Al-Furqan Kecamatan Rappocini Kelurahan tidung Kota Makassar dengan pemahaman terhadap aspek pengembangan 1) Fisik Anak Usia dini, 2) Intelektual/Kognitif Anak Usia dini, 3) Emosional Anak Usia dini, 4) Moral Anak Usia dini, pada kategori baik dan maksimal dijalankan oleh pendidik PAUD. Mereka sudah cukup memahami apa-apa saja yang menjadi karakteristik peserta didik dan sudah bisa mengidentifikasi tentang kebutuhan peserta didik. Hanya saja yang menjadi kekurangan terdapat pada prasarana dan pengalaman beberapa pendidik tentang pendidikan karakter serta pemahaman mengenai emosional anak di dalam kelas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:02
Last Modified: 12 Apr 2022 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22936

Actions (login required)

View Item View Item