UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DIDIK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK BERMAIN NURUL HIDAYAH DUSUN KOMBA KABUPATEN LUWU

RAHMAWATI (2022) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DIDIK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK BERMAIN NURUL HIDAYAH DUSUN KOMBA KABUPATEN LUWU.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (5MB)

Abstract

RAHMAWATI, 2017. Upaya meningkatkan perkembangan motorik halus anak didik melalui kegiatan finger painting di kelompok bermain nurul hidayah dusun komba kabupaten luwu.. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak didik melalui kegiatan figer painting di kelompok bermain Nurul Hidayah dusun Komba Kabupaten Luwu pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah anak didik 20 orang. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk gambar pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, Secara kualitatif, perkembangan motorik halus anak didik setelah pelaksanaan tindakan Siklus I yaitu skor rata-rata 2,19 (kategori cukup optimal) dimana masih ada 9 atau 45% anak didik yang tidak optimal dan hanya 11 atau 55% anak didik yang bisa optimal. Setelah pelaksanaan tindakan Siklus II, skor rata-rata menjadi 3,40 (kategori optimal) dimana hanya 1 atau 5% anak didik yang tidak optmal dan 19 atau 95% anak didik dapat optimal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak didik di kelompok bermain Nurul Hidayah dusun Komba Kabupaten Luwu dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:24
Last Modified: 12 Apr 2022 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22924

Actions (login required)

View Item View Item