POLA ASUH ORANGTUA YANG BEKERJA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELURAHAN BANTA BANTAENG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSSAR

CHAERUL UMAM (2022) POLA ASUH ORANGTUA YANG BEKERJA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELURAHAN BANTA BANTAENG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSSAR.

[img] Text
SKRIPSI BUYUNG.pdf

Download (341kB)

Abstract

Chaerul Umam, 2017, Pola Asuh Orangtua yang Bekerja dalam Menumbuhkembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kelurahan Banta-Bantaeng Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si. dan Dr. H. M. Ali Latief, M.Pd ; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang Pola Asuh Orangtua yang Bekerja dalamMenumbuhkembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kelurahan Banta-Bantaeng Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah yang diajukan yaitu, bagaimana pola asuh orangtua yang bekerja dalam menumbuhkembangkan sosial emosional anak usia dini di Kelurahan Banta-bantaeng Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk; mengetahui informasi sejauh mana pola asuh orangtua yang bekerja dalammendidik anak usia dini?. Pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 kepala keluarga yang memiliki anak usia 4<6 tahun di Kelurahan Banta-bantaeng Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pola asuh orangtua yang bekerja menganut pola asuh demokratis selalu bertindak berdasarkan pemikiran yang bijak dan membangun kedekatan yang hangat antara orangtua terhadap anak. Anak diberikan kesempatan kepada orangtua untuk mengemukakan pendapatnya dan berbuat sesuai dengan kesepakatan bersama (antara orangtua dengan anak). Dan juga terdapat pola asuh yang bersifat permisif yang masih selalu memberikan kebebasan atau tanpa batasan terhadap anaknya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:05
Last Modified: 12 Apr 2022 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22921

Actions (login required)

View Item View Item