ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL PAMONG BELAJAR DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BULUKUMBA

RISKA BAHTIAR (2022) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL PAMONG BELAJAR DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
RISKA BAHTIAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

RISKA BAHTIAR, 2017 Analisis Kemampuan Profesional Pamong Belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh M. Ali Latif Amri, dan Rudi Amir. Pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang Kompetensi Profesional Pamong Belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bulukumba Kabupaten Bulukumba . Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kompetensi profesional Pamong Belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bulukumba Kabupaten Bulukumba dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sember dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi profesional pamong belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bulukumba dalam melakukan pembelajaran telah menjalankan tugas profesionalnya yang terkait dengan pelaksanaan, perencanaan dan penilaian serta faktor pendukung yaitu semangat yang tinggi dari peserta didik, partisipasi aktif dari seluruh pihak dan model pembelajaran yang diberikan menarik. Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu lokas pembelajaran yang cukup jauh dan ketidakhadiran peserat didik. Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam melakukan pembelajaran sudah dijalankan dengan baik meskipun umur Pamong Belajar di SKB rata-rata diatas 50 tahun ke atas tetapi tidak menyulitkan Pamong Pelajar dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan warga belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:12
Last Modified: 12 Apr 2022 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item View Item