PENGARUH KEGIATAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI TERHADAP PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT DI DESA WATU KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

PANGKY HERMAWAN (2022) PENGARUH KEGIATAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI TERHADAP PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT DI DESA WATU KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Sampul Depan dan lain-lain.docx

Download (117kB)
[img] Text
pangky Hermawan 104204067.docx

Download (1MB)

Abstract

PANGKY HERMAWAN. 2017. Pengaruh Kegiatan Keaksaraan Usaha Mandiri Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat di Desa Watu Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idus, M.Si dan Suardi, S.Pd M.Pd Pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji pengaruh Kegiatan keaksaraan usaha mandiri terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat di Desa Watu Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program keaksaraan usaha mandiri dan bagaimana peningkatan taraf hidup masyarakat serta bagaimana pengaruh Kegiatan keaksaraan usaha mandiri terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat Di Desa Watu Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran program keaksaraan usaha mandiri dan mengetahui gambaran peningkatan taraf hidup masyarakat serta mengetahui pengaruh Kegiatan keaksaraan usaha mandiri terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat di Desa Watu Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat desa watu yang pernah mengikuti Kegiatan keaksaraan usaha mandiri yang berjumlah 30 orang warga belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Seluruh item dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel setelah data diolah menggunakan software SPSS v.20.0 for windows. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Persamaan regresi Kegiatan keaksaraan usaha mandiri terhadap peningkatan taraf hidup yaitu Y = 6,037 + 0,882X. Nilai thitung pada penelitian ini lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu 8,380 > 1,70113, dimana Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti keaksaraan usaha mandiri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:06
Last Modified: 12 Apr 2022 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22909

Actions (login required)

View Item View Item