PENGARUH PELATIHAN PEMBUATAN KESET AKSI INDONESIA MUDA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KAMPUNG KUSTA DI JALAN DANGKO KELURAHAN BALANGBARUKECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

HENDRAWAN SYAH BUDOYO (2022) PENGARUH PELATIHAN PEMBUATAN KESET AKSI INDONESIA MUDA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KAMPUNG KUSTA DI JALAN DANGKO KELURAHAN BALANGBARUKECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN SKRIPSI ,,,.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAGIAN BELAKANG SKRIPSI.doc

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (681kB)

Abstract

Hendrawan Syah Budoyo. 2016. Pengaruh Pelatihan Pembuatan Keset oleh Aksi Indonesia Muda terhadap Kesejahteraan Warga Masyarakat Kampung Kusta di Jalan Dangko Kelurahan Balangbaru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Suardi, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kata Kunci: pelatihan pembuatan keset, kesejahteraan masyarakat kampung kusta Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pelatihan usaha pembuatan keset oleh Aksi Indonesia Muda terhadap kesejahteraan warga masyarakat kampung kusta Di Jalan Dangko Kelurahan Balangbaru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: bagaimanakah pengaruh pelatihan pembuatan keset oleh Aksi Indonesia Muda terhadap kesejahteraan masyarakat kampung kusta di Jalan Dangko Kelurahan Balangbaru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan usaha pembuatan keset oleh Aksi Indonesia Muda terhadap kesejahteraan warga masyarakat kampung kusta di Jalan Dangko Kelurahan Balangbaru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi sebanyak 100 orang Sampel penelitian ini yaitu 25 orang dilakukan secara purporsive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sebagai data pendukung. Uji validitas data menggunakan Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spilt Half Method (KR-20), dimana seluruh pertanyaan pada kuesioner valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan usaha pembuatan keset berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat kampung kusta di Kelurahan Balangbaru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari thitung > ttabel (11,255 > 2,069), maka tidak ada alasan untuk menerima H0 dan koefisien determinasi menunjukkan pengaruh signifikansi yang sangat kuat dengan nilai 84,64%. Persamaan regresi linier yang didapatkan pada penelitian ini adalah Ŷ = 0,501 + 0,96638X, Persamaan tersebut berarti semakin sering pelatihan pembuatann keset kaki dilakukan semakin meningkat pula kesejahteraan masyarakat kampung kusta.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:24
Last Modified: 12 Apr 2022 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22904

Actions (login required)

View Item View Item