PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BALOK PADA KELOMPOK BERMAIN SEJAHTERA BINAAN SKB UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR

KASMIATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BALOK PADA KELOMPOK BERMAIN SEJAHTERA BINAAN SKB UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (2MB)
[img] Text
persetujuan untuk seminar hasil.docx

Download (114kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
Hasil - Copy.docx

Download (142kB)
[img] Text
foto.docx

Download (1MB)

Abstract

KASMIATI, 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Balok Pada Kelompok Bermain Sejahtera Binaan SKB Ujung Pandang KotaMakassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si dan Dra. Istiyani Idrus, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan balok pada Kelompok Bermain Sejahtera binaan SKB Ujung Pandang Kota Makassa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan balok pada Kelompok Bermain Sejahtera Binaan SKB Ujung Pandang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan masalah yang diteliti secara menyeluruh, luas, dan dalam. Jenis penelitian yang digunaka yaitu penelitian tindakan kelas yang berfungsi memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah mengacu pada permainan balok dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak di Kelompok Bermain Sejahtera Kota Makassar, indikatornya mencakup:anak dapat mengurutkan bilangan 1-10, anak dapat menyesuaikan lambang bilangan dengan jumlah balok, dan anak dapat membedakan konsep banyak dan sedikit. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B1, sebanyak 10 orang yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis kualitatif guna mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian yaitu kemampuan mengenal bilangan anak meningkat dengan menggunakan permainan balok di Kelompok Bermain Sejahtera Kota Makassar. Kemampuan mengenal bilangan anak meningkat dimana terlihat pada siklus I dan II kemampuan anak dalam mengurutkan bilangan 1-10 terlihat sangat baik, serta terlihat anak sangat mampu dalam menyesuaikan lambang bilangan dengan jumlah balok yang dimainkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 00:40
Last Modified: 12 Apr 2022 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22900

Actions (login required)

View Item View Item