Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional

Baharuddin, Fiskia Rera and Palerangi, Andi Muadz (2020) Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 1 (2). pp. 54-66. ISSN 2723-1631

[img] Text
8. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional.pdf

Download (691kB)
[img] Text
Peer Review_Jurnal Nasional Terakreditasi - Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional.pdf

Download (817kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru professional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 70 mahasiswa jurusan pendidikan teknik mesin FT UNM. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa jurusan PTM FT-UNM dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa praktik pengalaman lapangan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 58,7%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti dijadikan sebagai bahan referensi dan evaluasi dalam peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 10 Apr 2022 08:28
Last Modified: 10 Apr 2022 08:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22892

Actions (login required)

View Item View Item