Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Produktif Smk Negeri Di Kota Kendari

Devitha, Celia Tri Pristya and Baharuddin, Fiskia Rera and Purnamawati, Purnamawati (2021) Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Produktif Smk Negeri Di Kota Kendari. Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Produktif Smk Negeri Di Kota Kendari, 9 (1). pp. 69-78. ISSN 2477-0515

[img] Text
7. Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Produktif Smk Negeri Di Kota Kendari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review_Jurnal Nasional Terakreditasi - Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan.pdf

Download (835kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/nalar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung masa kerja dan sertifikasi terhadap kompetensi dan kinerja guru produktif pada SMK Negeri di Kota Kendari. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik serta analisis jalur untuk menjawab hipotesis. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 208 orang dan sampel penelitian berjumlah 123 orang guru produktif yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat pengaruh signifikan masa kerja terhadap kompetensi guru (Sig. 0,476>0,05); 2) tidak terdapat pengaruh signifikan sertifikasi terhadap kompetensi guru (Sig. 0,264>0,05); 3) tidak terdapat pengaruh signifikan masa kerja terhadap kinerja guru (Sig. 2,40>0,05); 4) terdapat pengaruh signifikan sertifikasi terhadap kinerja guru (Sig. 0,001<0,05); 5) terdapat pengaruh signifikan kompetensi terhadap kinerja guru (Sig. 0,000<0,05); 6) tidak terdapat pengaruh signifikan masa kerja terhadap kinerja guru melalui kompetensi sebagai variabel intervening (β:0,137); dan 7) tidak terdapat pengaruh signifikan sertifikasi terhadap kinerja guru melalui kompetensi sebagai variabel intervening (β:0,117). Rekomendasi yang dapat diber ikan kepada guru produktif pada SMK Negeri di Kota Kendari agar dapat terus meningkatkan kompetensi khususnya dalam pemanfaatan media pembelajaran, serta dapat terus memperbaharui ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai perkembangan teknologi.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 10 Apr 2022 08:28
Last Modified: 10 Apr 2022 08:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item