Pengembangan Perangkat Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Bantaeng

RUSMI, RUSMI (2016) Pengembangan Perangkat Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Bantaeng. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RUSMI.docx

Download (14kB)

ABSTRAK RUSMI, 2016. Pengembangan Perangkat Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Bantaeng (Pembimbing Muris dan Jasruddin) Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development), dimana produk yang diinginkan adalah perangkat pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan.. Produk tersebut adalah: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) Lembar kerja peserta didik (LKPD), dan (3) tes keterampilan proses sains. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model four-D (Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (dessimenate). Penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat model four D untuk mengetahui pencapaian keterampilan proses sains pada pokok bahasan cahaya setelah diajar dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Bantaeng. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil pengamatan hasil uji coba. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa semua komponen perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKPD, tes keterampilan proses sains beserta instrumen penilaian memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Dengan demikian Perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi cahaya. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ditemukan karakteristik dari perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) yang berorientasi pada pendekatan ilmiah. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa keterlaksanaan perangkat berada pada kategori terlaksana seluruhnya, kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik, angket respon peserta didik dan guru berada pada kategori sangat positif. Dan berdasarkan hasil analisis skor tes keterampilan proses sains menunjukkan tingkat pencapaian Keterampilan Proses Sains berada pada kategori sangat tinggi. Kata kunci: Pendekatan Ilmiah, dan Keterampilan proses Sains   ABSTRACT RUSMI. 2016. Development of Learning Device based on Scientific Approach to Improve Science Process Skill of Grade VIII Students at SMPN 1 in Bantaeng (supervised by Muris and Jasruddin). This study is research and development to produce products which are valid and feasible to be used. The products are : 1) Lesson Plan, (2) Student’s Worksheet, and (3) science process skill test. The development model of learning device refers to four-D (4-D) model which consists of four stages, namely: (I) defining. (2) design, 3) development, and dissemination. The research employs four-D model development device to discover the achievement of science process skill in Light lesson material after being taught by employing scientific approach. The research was conducted at SMPN 1 in Bantaeng. The data analysis of the research employed descriptive statistic analysis. Descriptive statistic was used to analyze the validity of learning device and describe the observation result and test result. Based on the results of the research, it can be stated that all components of learning device such as Lesson Plan, Students’ Worksheet, science process skill test, and assessment instrument have met validity criteria based on the assessment of the expert’s team. Therefore, the device developed is feasible to be used in Physics learning, particularly in Light lesson material. Based on the research and development results, it is discovered the characteristics of learning devices (Lesson Plan and Students’ Worksheet) which orientated toward scientific approach. Based on analysis result, it is discovered that the implementation of the device is in Implemented Entirely Category, the teachers’ ability in learning management is in good category, students and teachers’ response questionnaire is in very positive category. Based on analysis result of science process skill test, it is discovered that the achievement level of Science Process Skill is in very high category. Keywords: Scientific Approach, Science Process Skills

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Mar 2017 06:58
Last Modified: 31 Mar 2017 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item