Amiruddin, Amiruddin and Irfan, Andi Muhammad and Baharuddin, Fiskia Rera (2018) Pengembangan Model Pendidikan Sistem Ganda SMK 3 Tahun dan SMK 4 Tahun. In: Pengembangan Model Pendidikan Sistem Ganda SMK 3 Tahun dan SMK 4 Tahun. Leisyah, pp. 1-73. ISBN 9786237045403
Text
1. Buku Referensi_ Pengembangan Model Pendidikan Sistem Ganda SMK 3 Tahun dan SMK 4 Tahun.pdf Download (4MB) |
|
Text
Peer Review Buku - Pengembangan Model Pendidikan Sistem Ganda SMK 3.pdf Download (130kB) |
Abstract
Pendidikan kejuruan dan vokasi dibedakan secara spesifik di dalam sistem pendidikan nasional. Pendidikan kejuruan ditekankan pada pendidikan menengah, maka diistilahkan sebagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sedangkan pendidikan vokasi lebih ditekankan pada pendidikan tinggi, maka diistilahkan sebagai Poli, contoh Politeknik, Politanidsb. Dalam penerapan di lapangan terdapat berbagai model SMK, baik dari masa studi, pola pendidikan sistem ganda (PSG) maupun pola kompetensinya, seperti SMK 3 Tahun, SMK 4 Tahun dan community college (SMK 3+1 Tahun). Kuswana (2013:3) mengidentifikasi pendidikan kejuruan dalam bentuk ”pendidikan kejuruan mencakup institusi SMK dan MA Kejuruan, serta ada juga SMK Plus (yang menyelenggarakan community college)”.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Mardiana Mardiana |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 02:35 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 02:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22889 |
Actions (login required)
View Item |