PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK PADA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) HIKMAH KOTA MAKASSAR

HASNI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK PADA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) HIKMAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL MURI SKRIPSI.docx

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN MURI.docx

Download (962kB)
[img] Text
MURI SKRIPSI NEW.docx

Download (85kB)
[img] Text
FORMAT OBSEVASI SKRIPSI MURI.docx

Download (54kB)

Abstract

Hasni. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Pada Anak Melalui Kegiatan Bermain Puzzle di SPS Hikmah Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si., dan Dra. Istiyani Idrus, M.Si.; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang peningkatan kemampuan mengenal bentuk pada anak melalui kegiatan bermain puzzle di SPS Hikmah Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan mengenal bentuk pada anak dapat meningkat melalui bermain puzzle di SPS Hikmah Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal bentuk pada anak melalui kegiatan bermain puzzle di Satuan Paud Sejenis Hikmah Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 12 orang anak yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Data penelitian tentang peningkatkan kemampuan mengenal bentuk pada anak melalui kegiatan bermain puzzle di Satuan Paud Sejenis Hikmah Kota Makassar dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak melalui kegiatan bermain puzzle di Satuan Paud Sejenis Hikmah Kota Makassar setelah diterapkan metode bermain Puzzle. Pada siklus I berada pada kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi baik dengan indikator yang dicapai oleh anak didik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:23
Last Modified: 08 Apr 2022 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22878

Actions (login required)

View Item View Item