PEMBERDAYAAN ORANGTUA ANAK DIDIK MELALUI PELATIHAN KETRERAMPILAN MEMBUAT AKSESORIS JILBAB DI KELOMPOK BERMAIN MACCINI GUSUNG KOTA MAKASSAR

ASHLY (2022) PEMBERDAYAAN ORANGTUA ANAK DIDIK MELALUI PELATIHAN KETRERAMPILAN MEMBUAT AKSESORIS JILBAB DI KELOMPOK BERMAIN MACCINI GUSUNG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI OT.docx

Download (42kB)
[img] Text
SKRIPSI PEMBERDAYAAN OT.docx

Download (4MB)

Abstract

ASHLY. 2016. Pemberdayaan Orangtua Anak Didik Melalui Ketrerampilan Membuat Aksesoris Jilbab di Kelompok Bermain Maccini Gusung Kota Makassar. Skripsi.Dibimbing oleh Dr.H.M.AliLatief,M.Pd dan Prof.Dr.H.Syamsul Bakhri Gaffar,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pemberdayaan orangtua anak didik melalui ketrerampilan membuat aksesoris Jilbab di Kelompok Bermain Maccini Gusung Kota Makassar. Fokus masalah adalahbagaimana proses pemberdayaan bagi orangtua anak didik di Kelompok Bermain Maccini Gusung Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiproses pemberdayaan bagi orangtua anak didik di Kelompok Bermain Maccini Gusung Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari tenaga pengelola satuan pendidikan Kelompok Bermain Maccini Gusung berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari 1 (satu) orang sebagai ketua penyelenggara 1 (satu) orang sebagai sekertaris, 1 (satu) orang sebagai bendahara, dan 2 (dua) orang sebagai guru PAUD.Orangtua anak didik yang berusia 27 s,d 47 tahun sebanyak 10 (sepuluh) orang di Kelompok Bermain Maccini Gusung Kota Makassar. Data diolah dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tahap pengembangansemua indikatortelah dilaksanakan dengan baik. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pelatihan keterampilan membuat aksesoris jilbab, ternyata mampu memberdayakan orangtua anak didik dan memberi pengaruh positif. Hal ini didukun oleh hasil wawancara dan obeservasi yang peneliti dapatkan secara langsung dari informan. Dengan adanya pelatihan membuat aksesoris jilbab, peserta termotivasi untuk membuka usaha rumahan, dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:20
Last Modified: 08 Apr 2022 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item