PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA BAGI WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL SEHATI MELALUI KARTU HURUF DI DUSUN SEGE-SEGERI DESA MINASA BAJI KABUPATEN MAROS

SARTIKA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA BAGI WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL SEHATI MELALUI KARTU HURUF DI DUSUN SEGE-SEGERI DESA MINASA BAJI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Lembar Skripsi Acc.docx

Download (88kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
Kisi2 Acc.docx

Download (15kB)
[img] Text
instrumen pen Acc.docx

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS Acc.docx

Download (19kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI WB. Acc.docx

Download (24kB)
[img] Text
DOKUMENTASI KEGIATAN PENELITIAN Acc.docx

Download (1MB)
[img] Text
daftar riwayat hidup skripsi Acc.docx

Download (12kB)

Abstract

SARTIKA 2016, Meningkatkan Kemampuan Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Sehati Melalui Kartu Huruf Di Dusun Sege-Segeri Desa Minasa Baji Kabupaten Maros. Skripsi Dibimbing Oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si dan Dra. Istiyani Idrus. M.Si, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca warga belajar melalui kegiatan belajar mengajar dengan mengunakan kartu huruf di kelompok Keaksaraan Fungsional Sehati Di Dusun Sege-segeri Desa Minasa Baji Kabupaten Maros. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca warga belajar melalui kartu huruf Keaksaraan Fungsional Sehati Di Dusun Sege-segeri Desa Minasa Baji Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelelitan kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan terhadap warga belajar dengan menggunakan kartu huruf. subjek penelitian terdiri atas tutor dan warga belajar sebanyak 10 orang. Fokus penelitian diarahkan kepada kemampuan membaca warga belajar dan Media pembelajaran kartu huruf yang diterapkan tutor. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumen, teknik analisis data yang digunakan ialah dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada kondisi awal warga belajar masih dalam kategori kurang baik dalam membaca, sedangkan pada siklus I sudah mengalami peningkatan, namun masih dalam kategori kurang baik. Pada siklus II peningkatan terjadi signifikan dan dapat dikategorikan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf yang diterapkan dalam pembelajaran, dapat meningkatkan kemampuan membaca warga belajar Keaksaraan Fungsional Sehati Di Dusun Sege-segeri Desa Minasa Baji Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:06
Last Modified: 08 Apr 2022 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22864

Actions (login required)

View Item View Item