PERSEPSI PEMULUNG TERHADAP KEBERADAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI STUDI KASIS DI “AISYIYAH RANTING KASSI KELURAHAN TAMANGAPA”

RIRIN PUTRI SARI (2022) PERSEPSI PEMULUNG TERHADAP KEBERADAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI STUDI KASIS DI “AISYIYAH RANTING KASSI KELURAHAN TAMANGAPA”.

[img] Text
RIRIN PUTRI SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ririn Putri Sari.2016. Persepsi Pemulung Terhadap keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini Studi Kasus di Aisyiyah Ranting Kassi Kelurahan Tamangapa, Kecamatan manggala, Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M,Si dan Suardi, S.Pd, M,Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skrispsi ini untuk mengkaji tentang persepsi keberadaan pendidikan anak usia dini bagi pemulung di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Pemulung terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi pemulung tentang pendidikan anak usia dini di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan 11 point kajian pustaka yang terbagi atas, pengertian persepsi, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi, pemulung, pengertian anak usia dini, pemahaman tentang pendidikan anak usia dini, hakikat anak usia dini, landasan penyelenggaraan pendidikan anak usian dini,aspek perkembangan anak usia dini, manfaat pendidikan anak usia dini,sarana dan prasarana anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yang berprofei sebagai pemulung dan mengikutkan anak mereka pada pendidikan anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menyadari akan pentingnya pendidikan anak usia dini, hal ini ditunjukkan dengan mampunya para orang tua mengemukakan tujuan pendidikan anak usia dini, fungsi pendidikan anak usia dini, dan manfaat anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:11
Last Modified: 07 Apr 2022 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item View Item