FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN BANTA-BANTAENG KOTA MAKASSAR

H A M S I A H (2022) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN BANTA-BANTAENG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul juni 2016 hamsiah.docx

Download (78kB)
[img] Text
Skripsi Hamsiah juni 16.docx

Download (968kB)

Abstract

Hamsiah. 2016. Faktor-faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kelurahan Banta-Bantaeng Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Dasar di Kelurahan Banta-Bantaeng Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah apakah penyebab anak putus sekolah dasar di Kelurahan Banta-Bantaeng Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui penyebab anak putus sekolah dasar di Kelurahan Banta-Bantaeng Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan adalah 3 orang anak tingkat SD, Kelas I, 1 orang, Kelas II, 1 orang, dan Kelas III, 1 orang. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab anak putus sekolah dasar di Kelurahan Banta-Bantaeng Kota Makassar, adalah sebagai berikut: (1) Faktor dari dalam diri anak berupa kemampuan kognitif anak rendah, kondisi fisik anak yang lemah, minat pendidikan anak yang rendah dan dengan bakat dalam bidang yang di pelajari kurang sesuai; (2) Faktor dari luar diri anak terdiri dari beberapa faktor seperti: a. faktor lingkungan keluarga yang terdiri dari cara orangtua mendidik, keadaan ekonomi keluarga pas-pasan, suasana rumah kurang nyaman, pandangan tradisional tentang anak serta kurangnya bimbingan dan dorongan orangtua. b. faktor dari lingkungan sekolah seperti faktor guru yang pilih kasih, bahan pelajaran yang tidak sesuai kurikulum di atas kemampuan anak dan jam pelajaran yang kurang baik. c. faktor dari lingkungan masyarakat seperti mass media, lebih banyak main dengan teman bergaul dan d. faktor lingkungan tempat tinggal yang jorok dan daerahnya kumuh.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:49
Last Modified: 07 Apr 2022 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item View Item