PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELOMPOK BELAJAR MABBARAKKA KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU

HARTATI M.N (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELOMPOK BELAJAR MABBARAKKA KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU.

[img] Text
1. Sampul mamen.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran OK - NEW.docx

Download (9MB)
[img] Text
Riwayat hidup mamen OK.docx

Download (36kB)

Abstract

Hartati M.N. 2015, Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berhitung Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar di Kelompok Belajar Mabbarakka Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Skripsi dibimbing oleh Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd dan Drs. H. Alimin Umar, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yakni Rendahnya kemampuan membaca, menulis dan berhitung warga belajar keaksaraan fungsional di kelompok belajar Mabbarakka Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca warga belajar keaksaraan fungsional melalui penggunaan kartu kata bergambar di Kelompok Belajar Mabbarakka Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru? Tujuan penelitian yaitu: untuk meningkatan kemampuan membaca, menulis dan berhitung warga belajar keaksaraan fungsional melalui penggunaan kartu kata bergambar di Kelompok Belajar Mabbarakka Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan, yakni dua kali pertemuan pembelajaran dan satu kali pertemuan tes dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni Penggunaan media kartu kata bergambar dan kemampuan membaca, menulis dan berhitung warga belajar. Penelitian dilaksanakan di Kelompok Belajar Mabbarakka Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Subyek penelitian yakni 1 orang Tutor dan 10 warga belajar yang terdiri atas 8 orang warga belajar perempuan dan 2 orang warga belajar laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca, menulis dan berhitung warga belajar pada siklus I masih tergolong cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Dapat disimpulkan, kemampuan membaca, menulis dan berhitung warga belajar keaksaraan fungsional di kelompok belajar Mabbarakka Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru meningkat melalui penggunaan media kartu kata bergambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:33
Last Modified: 07 Apr 2022 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22818

Actions (login required)

View Item View Item