PARTISIPASI TOKOH MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN KEAKSARAAN DI DESA SIBANAWA KECAMATAN SUMARORONG KABUPATEN MAMASA

WAHYU HIDAYAT (2022) PARTISIPASI TOKOH MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN KEAKSARAAN DI DESA SIBANAWA KECAMATAN SUMARORONG KABUPATEN MAMASA.

[img] Text
SAMPUL WAHYU.docx

Download (30kB)
[img] Text
halaman judul dkk.docx

Download (49kB)
[img] Text
bab i.docx

Download (27kB)
[img] Text
bab ii.docx

Download (58kB)
[img] Text
bab iii.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (2MB)

Abstract

WAHYU HIDAYAT, 2016, Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Studi Kasus Pada YPA Handayani) Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Suardi, S.Pd., M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Studi Kasus Pada YPA Handayani) Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana gambaran perencanaan program pada Lembaga Kursus YPA Handayani Kota Makassar?, (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran pada Lembaga Kursus YPA Handayani?, (3) Bagaimana gambaran Evaluasi Program pada Lembaga Kursus YPA Handayani?. Penelitian ini bertujuan Untuk: (1) Mendeskripsikan perancanaan program kursus pada YPA Handayani Kota Makassar, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kursus pada YPA Handayani Kota Makassar, (3) Mendeskripsikan Evaluasi program kursus pada YPA Handayani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan program kursus YPA Handayani mencakup identifikasi kebutuhan dan desain penyelenggaraan, identifikasi kebutuhan mencakup: kebutuhan belajar warga masyarakat, penyediaan fasilitas yang mendukung, pelaksanaan program kursus yang sasarannya mencakup semua kalangannya masyarakat dan dibantu instruktur yang ahli dibidangnya masing-masing. Sedangkan desain pengelenggaraan mencakup: legalitas lembaga seperti akta notaris, izin tempat domisili usaha, izin operasional, visi dan misi yang disusun oleh pembina lembaga, serta renstra dalam bentuk rencana kerja dan rencana pembiayaan, (2) Pelaksanaan pembelajaran kursus YPA Handayani mencakup kurikulum yang mengacu pada SKKNI sedangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dirumuskan oleh pengelola dan staf kependidikan, (3) Evaluasi program kursus YPA Handayani dilaksanakan pada proses akhir pembelajaran/pelatihan. Evaluasi dilaksanakan oleh para instruktur/pelatih disetiap program kursus yang diselenggarakan. Output adalah jumlah alumni yang sudah mencapai 50 ribuan dan untuk outcame adalah alumni lembaga kursus sudah mendapatkan pekerjaan yang tersebar di instansi pemerintahan dan menjalankan usaha secara mandiri..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:18
Last Modified: 07 Apr 2022 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22816

Actions (login required)

View Item View Item